Rabu, 13 September 2017

andaliman bumbu orang batak


ANDALIMAN BUMBU BATAK
 Andaliman
  Andaliman adalah bumbu masak yang sudah lama dipakai orang batak ,pada umumnya andaliman di indonesia cuma orang batak yang memakan, tapi seiring perkembangan jaman restora sangsang sudah menjamur di indonesia jadi sudah banyak suku suku yang merasakan rasa khusus andaliman. Andaliman adalah bumbu masak khas asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga zanthxylum (suku jeruk-jerukan, rutaceae). Bumbu ini di indonesia hanya dikenal untuk masakan batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan khas batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun "menggigit" sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa di lidah, meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Rasa kelu di lidah ini disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool pada rempah tersebut. Selain dalam masakan batak, penggunaan andaliman sebagai bumbu masak juga dikenal dalam masakan asia timur dan asia selatan.
 TUNAS ANDALIMAN
 PANEN ANDALIMAN
 PANEN ANDALIMAN LAE JAMES
 POHON ANDALIMAN
 ANAK TAPIANNAULI 2 PANEN ANDALIMAN
Andaliman
  Andaliman adalah bumbu masak yang sudah lama dipakai orang batak ,pada umumnya andaliman di indonesia cuma orang batak yang memakan, tapi seiring perkembangan jaman restora sangsang sudah menjamur di indonesia jadi sudah banyak suku suku yang merasakan rasa khusus andaliman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

andaliman bumbu orang batak

ANDALIMAN BUMBU BATAK   Andaliman   Andaliman adalah bumbu masak yang sudah lama dipakai orang batak ,pada umumnya andaliman di i...